Home » Pendidikan » Strategi belajar Thinking Aloud Pair Problem Solving 2

Strategi belajar Thinking Aloud Pair Problem Solving 2

Strategi Pembelajaran Thinking Alauod Pair Problem Solving (TAPPS) ialah merupakan salah satu strategi pembelajaran berdasarkan masalah yang dilakukan secara kolaboratif terstruktur oleh beberapa orang siswa. Strategi ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan kemudian diungkapkan kepada rekannya solusi terbaik dari permasalahan yang ada. Gagasan yang melatar belakangi strategi TAPPS adalah bahwa menyampaikan secara langsung dengan lisan solusi dari suatu proses pemecahan masalah membantu meningkatkan kempuan siswa dalam berpikir analitis.( Whimbey. 1999 : 23)
Siswa dikelompokan berpasang-pangangan dan diberi satu rangkaian permasalahan yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Dua siswa tersebut diberi peranan yang berbeda satu sama lain pada setiap masalah: sebagai pemecah masalah atau Problem Solver (PS) dan Pendengar atau listener (L). Problem solver (PS) membacakan masalah yang diamati dengan suara keras dan menyampaikan bagaimanakah solusi dari masalah tersebut. Listener (L) mendengarkan semua yang disampaikan oleh Problem Solver (PS) termaksud langkah-langkah solusi dari permasalahan tersebut dan menangkap semua kesalahan apapun yang terjadi. Agar pembelajaran ini berjalan lebih efektif maka L harus mengerti apa yang melatar belakangi PS memaparkan langkah-langkah pemecahan masalah tersebut. (http://www.wcer.wisc.edu. 02 Februari 2008).
Untuk melaksanakan strategi TAPPS para siswa dibentuk menjadi kelompok-kelompok kecil yang sebagian berperan sebagai Problem solver dan yang lainya menjadi Listener. Dengan bebarapa ketentuan antara lain: (1) siswa bekerja dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang siswa, untuk memecahkan suatu masalah. (2) satu pasang siswa berperan sebagai Problem Solver (PS) dan pasangan siswa lainya berperan sebagai Listener (L). (3) Problem Solver menyampaikan secara lisan dengan jelas segala sesuatu dari hasil pemikirannya mengenai solusi dari masalah yang diberikan; Listener mendengarkan, memerikan dorongan dan usulan jika menemui pernyataan Promblem solver yang tidak sesuai atau tidak dimengerti. (4) untuk permasalahan berikutnya peran-peran siswa tersebut ditukar. (http://www.saskschools.ca. 02 Februari 2008)
Seorang guru yang menggunakan strategi TAPPS pada pembelajaran-nya haruslah terlebih dahulu memaparkan tujuan dan aturan dalam pembelajaran ini. Intruksi untuk sepasang PS dan L dapat diringkas antara lain sebagai berikut (Stice. 2007):
Problem Solver :
1.menyiapkan buku catatan, alat tulis, kalkulator dan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam menjelaskan solusi dari permasalahan yang diberikan.
2.memberi tahukan kepada rekan yang menjadi L agar mempersiapakan sesuatu sebelum menjelaskan pemecahan masalah tersebut.
3.membacakan masalah yang akan dijelaskan dengan cukup keras.
4.memulai untuk memecahkan masalah yang diberikan, pada saat menjelaskan solusi dari permasalahan tersebut, listener hanya mendengarkan dan bereaksi hanya dengan apa yang dikatakan PS. Dan tidak boleh ada kerjasama antara PS dan L
5.PS pertama kalinya pasti akan mengalami kesulitan dalam memilih kata. PS harus lebih berani dalam mengungkapkan segala hasil pemikirannya. Menganggap bahwa listener tidak sedang mengevaluasi.
6.tetap fokus kepada bagian dari permasalahan yang dihadapi problem soler.
7.mencoba untuk tetap menyelesaikan masalah tersebut sekalipun PS menganggap masalah tersebut sepele. Kebanyakan orang-orang tidak menyadari bahwa peningkatan terjadi ketika mereka melibatkan diri di dalam proses belajar itu sendiri. Ketika PS meselesai pembahasan suatu masalah, rekamlah segala apapun hasil pemikiran dari apa yang dipelajari dalam proses pemecahan masalah tersebut.
Listner :
1.Menentukan secepat mungkin apa yang akan ditanyakan dan tidak mengkritik.
2.Peran Listener adalah:
a.Menuntun PS untuk terus berbicara, tetapi jangan melakukan masukan ketika PS sengan berpikir
b.Memastikan bahwa langkah dari solusi permasalahan yang diungkapkan oleh PS tidak ada yang salah, dan tidak ada langkah dari solusi tersebut yang hilang.
c.Membantu PS agar lebih teliti dalam mengungkapkan solusi permasalahan-nya.
d.Membantu merefleksikan proses mental dari PS yang berfungsi sebagai tindak lanjut dari pembelajaran ini.
e.Memastikan diri bahwa L mengerti tiap langkah dari solusi tersebut.
3.Jangan menolak apapun pernyataan dari PS dan mulailah untuk menyelesaikan masalah yang dimiliki listerner.
4.Jangan membiarkan PS melanjutkan pemaparannya, jika:
a.L tidak mengerti apa yang di paparkan oleh PS. Dengan mengatakan ”saya tidak mengeti apa maksudmu”
b.L berpikir suatu kekeliruan telah dibuat. Dengan mengatakan ”apakah yang kamu katakan itu benar”
5.Memberikan isyarat pada PS, jika PS melakukan kesalahan dalam proses berpikirnya atau dalam perhitungannya, tetapi jangan L memberikan jawaban yang benar
Berdasasarkan apa yang telah dipaparkan diatas dapat dipahami bahawa strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) adalah strategi pembelajaran berdasarkan masalah yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang dialami oleh siswa. Pembelajaran ini dilaksanakan secara kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 2 atau 4 orang yang terdiri dari Problem solver (Pemecah masalah) dan listener (pendengar). PS membacakan masalah yang diamati dengan suara keras dan menyampaikan bagaimanakah solusi dari masalah tersebut. Listener mendengarkan semua yang disampaikan oleh PS termaksud langkah-langkah solusi dari permasalahan tersebut dan menangkap semua kesalahan apapun yang terjadi. Dengan berbagai aturan dari tiap peran tersebut.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calender ISlamic

January 2009
M T W T F S S
    Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Guru Prifat “MAFIA”

anda membutuhkan Guru Privat profesional daerah Jakarta Utara & Bekasi untuk mata pelajaran:
MATEMATIKA
FISIKA
KIMIA

HUBUNGI

banner-primaducation

085781805327

08991778261

Atau

pin BBM : 7B8C331CA

Top Clicks

  • None
%d bloggers like this: